Jumat, 05 Mei 2017

Bangkit Literasi, Tombak Millenial Emas


“Bangkit Literasi, Tombak Millenial Emas” adalah tema dari Talkshow Literasi dan Bengkel Kepenulisan yang diadakan dalam rangka festival jurnalistik 2017, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Surabaya (UINSA) di gedung Sport Center UINSA pada kamis (04/05).
Acara yang diselanggarakan oleh LPM  Solidaritas, UINSA baru dimulai pukul 09.30 WIB. Molor 1,5 jam dari jadwal acara yang seharusnya dilaksanakan pada pukul 08.00 WIB. MC kemudian membawakan susunan acara mulai dari pembukaan, pembacaan ayat suci Al-Qur’an, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan mars solidaritas (yang dibawakan oleh paduan suara), sambutan-sambutan, pemberian hadiah pada pemenang lomba anchor dan penulisan cerpen, hiburan dan talkshow.
Memasuki acara talkshow , audien dibuat riuh dengan moderator Rahmad Faisal Nasution yang membawakan acaranya dengan cukup heboh. Audien diajak bernyanyi,  ice breaking dengan melakukan beberapa gerakan tepuk dan menyorakkan yel-yel festival jurnalistik 2017 dengan kata “Bangkit Literasi” . Setelah audien tampak bersemangat ia  kemudian memanggil dua narasumber yaitu Moammar Emka, penulis trilogi Jakarta Undercover dan Any Alaine, editor Gagas Media. Karena acara talkshow, Rahmad selaku moderator memberikan beberapa pertanyaan dengan gaya guyonannya yang membuat meriah suasana dan audien tak henti dibuat tertawa olehnya.
Selama 1,5 jam talkshow berlangsung. Ada 10 audien yang mendapatkan kesempatan bertanya kepada dua narasumber. Setelah bertanya, mereka akan mendapatkan satu bolpoin warna merah yang bertuliskan Moammar Emka’s Jakarta Undercover. Dipenghujung acara, Moammar dan Any memberikan tayangan empat gambar yang terdiri dari gambar sepasang kekasih sedang duduk di kafe, gambar perempuan berdiri menghadap lautan kala senja, gambar sepasang kekasih di bawah rintik hujan dan gambar rel kereta api. Peserta diberi waktu 10 menit untuk menuliskan sebuah karangan dengan memilih 1 gambar dari slide tersebut. 6 peserta tercepat berhasil mendapatkan marchandise cantik dari gagas media. Berhubung ada 10 orang yang maju maka mereka harus memilih 6 orang terbaik untuk mendapatkannya. Mereka  juga memberikan bolpoin bertuliskan Gagas Media dan sebuat blocknote bergambar panda yang bertuliskan Membaca Buku, Menemukan Ilmu pada 4 peserta lainnya. Dari 10 peserta yang maju, 2 orang beruntung untuk mendapatkan kaos Dear You Again berdasarkan gemuruh tepuk tangan peserta. Acara itu akhirnya selesai pukul 1 siang. 

NB: Straight news about Talkshow yesterday

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

The Journey of Nurva & Bams Part.1

Hi Teman Nurva Mungkin benar bahwa semesta selalu punya cara memisahkan dan mendekatkan dua orang yang tak berjodoh dan berjodoh. Pengalaman...